News Info Terkini
Live
wb_sunny

Breaking News

Puluhan Ternak Sapi di Parimo Terpapar PMK

Puluhan Ternak Sapi di Parimo Terpapar PMK

Puluhan Ternak Sapi di Parimo Terpapar PMK

Penulis: Amirullah

PARIMO,TVRISulteng - Dinas Peternakan Dan Kesehatan Hewan (DPKH) Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), Sulawesi Tengah melaporkan ada sebanyak 49 ekor ternak sapi di Parimo diduga terpapar penyakit mulut dan kuku (PMK). 

Kabid Kesehatan Hewan DPKH Parimo, Masnuri mengatakan pihaknya telah melakukan pengiriman sampel ke laboratorium Kabupaten Maros, untuk menyelidiki penyakit tersebut.

"Berdasarkan pengamatan dan perkembangan kasus Pmk di Kabupaten Parigi Moutong, 49 ekor ternak sapi yang dilakukan pengambilan sampel telah mengarah ke virus PMK, seperti volume air liur yang berlebihan, disertai kuku yang terlepas," kata Masnuri, kepada tvrinews.com, Sabtu, 28 Januari 2023.

Lebih lanjut, Masnuri menyebutkan 49 kasus PMK itu tersebar di Desa Burangan, Kecamatan Ampibabo sebanyak 9 ekor. Kemudian di Desa Moutong, Kecamatan Moutong sebanyak 40 ekor
“Sementara itu dari jumlah tersebut, setidaknya 15 ekor di antaranya telah mati. 

Sampai sejauh ini sekitar 300 ekor telah dilakukan penyuntikan vitamin untuk memutus mata rantai penyebaran pmk dengan ternak lainnya," ucap Masruni.
Untuk menghindari luasan penyebaran PMK, seluruh masyarakat pemilik ternak diimbau untuk selalu menjaga kesehatan ternaknya dan kebersihan kandang, serta tidak membiarkan sapi berkeliaran tanpa pengamanan.

Tags

Newsletter Signup

Jangan Lupa Subscribe Yah Agar Mendapatkan Update Informasi Dari Kami.

Posting Komentar