News Info Terkini
Live
wb_sunny

Breaking News

450 Ribu Vaksin Disiapkan Tangani Kasus PMK di Sulteng

450 Ribu Vaksin Disiapkan Tangani Kasus PMK di Sulteng

#
#
450 Ribu Vaksin Disiapkan Tangani Kasus PMK di Sulteng

Penulis: Rian Saputra

PALU,TVRISulteng - Pemerintah Sulawesi Tengah menyiapkan sekitar 450 Ribu Vaksin untuk penanganan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada ternak. Hal ini menyusul meningkatnya kasus positif PMK di sejumlah daerah Sulteng.

"Kami baru saja menerima 450 ribu dosis vaksin berbagai varian. Kita mulai menyuntikkan vaksin ke hewan ternak untuk mengendalikan penularan penyakit mulut dan kuku (PMK), terutama pada sapi," ungkap, Kepala UPT Veteriner Dinas Perkebunanan dan Peternakan Sulteng, drh Erwin Hurudji, ditemui di ruangannya, 06 Februari 2023.

Untuk pelaksanaan vaksinasi kata Erwin, pihaknya bekerjasama dengan tim satuan tugas PMK di masing-masing daerah. Vaksinasi diprioritaskan untuk hewan sehat dan beresiko tinggi tertular, yang berada di sumber pembibitan, dan sapi potong.

"satu hari ditargetkan sedikitnya puluhan sampai ratusan ekor sapi bisa mendapatkan vaksinasi PMK dosis pertama maupun kedua. Untuk mencapai target tersebut, tim vaksinasi PMK dibagi menjadi beberapa kelompok." katanya.

Sulteng dinyatakan ada positif kasus PMK sejak akhir tahun 2022 lalu. Virus tersebut ditemui di dua Kabupaten yaitu Morowali 99 kasus dan Morowali Utara 144 kasus. Kini penyakit terus menyebar, di tiga Kabupaten lainnya yaitu Kabupaten Poso 1 kasus, Toli-Toli 38 dan paling banyak berada di Kabupaten Donggala 980 kasus.

"Semoga dengan Vaksin yang tersedia bisa membuat  wabah PMK secara maksimal bisa kita selesaikan dengan baik," tambahnya.

Tags

Newsletter Signup

Jangan Lupa Subscribe Yah Agar Mendapatkan Update Informasi Dari Kami.

Posting Komentar