News Info Terkini
Live
wb_sunny

Breaking News

Angka Kemiskinan di Parigi Moutong Capai 76 Ribu Jiwa

Angka Kemiskinan di Parigi Moutong Capai 76 Ribu Jiwa

#
#

Angka Kemiskinan di Parigi Moutong Capai 76 Ribu Jiwa

Penulis: Amirullah

PARIMO,TVRISulteng - Hingga tahun 2023 angka kemiskinan di Kabupaten Parigi Moutong, Provinsi Sulawesi Tengah, telah mencapai 76 ribu jiwa dari total jumlah penduduk 443.170 jiwa.

Angka itu diklaim oleh Pihak Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong, terbesar disumbang berada di kawasan permukiman pegunungan atau Kolempok Adat Terpencil (KAT).

Kepala Bappelitbangda Parigi Moutong, Irwan mengakui, angka kemiskinan di Kabupaten Parigi Moutong sangat besar, karena jumlah penduduk. Sehingga, dari hasil pemetaan, terdapat kantong-kantong kemiskinan kategori ekstrem yang harus menjadi perhatian bersama.

"Setelah diperhitungkan, ternyata angka kemiskinan ekstrim terbesar tersebar di beberapa Wilayah seperti di Kecamatan Tomini, Tinombo hingga Tinombo Selatan, khususnya di Kawasan KAT," kata Irwan, dalam rapat kerja Pansus LHP BPK tentang kinerja penanggulangan kemiskinan, di gedung DPRD baru - baru ini.

Menurut Irwan, setelah dilakukan konsultasikan kepada pihak Pemerintah Pusat, untuk menuntaskan angka tersebut harus didukung seluruh unsur. Yang dikhawatirkan, angka kemiskinan ekstrem tersebut tidak dapat tuntas, akan terus membawa Kabupaten Parigi Moutong tidak keluar dari persoalan kemiskinan.

"Sebab, di atas 30 ribu jiwa penduduk Kabupaten Parigi Moutong merupakan KAT. Artinya, setengah dari total angka 76,79 ribu jiwa warga miskin," katanya.

Irwan menyebutkan, berdasarkan hasil kesepakatan bersama akses harus dibuka untuk wilayah KAT. Kemudian, konektivitas antardesa juga harus dibuka. Bahkan, pihak Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah turut telah bersepakat mengambil peran dalam persoalan KAT di Kabupaten Parigi Moutong. Sehingga, pihak Pemkab saat ini menyiapkan perencanaan dan kelengkapan teknisnya.

"Baik eksekutif dan legislatif dapat bersama-sama memperjuangkan hal itu, baik melalui anggaran APBN, APBD provinsi dan kabupaten, agar persoalan kemiskinan dapat terselesaikan," sebutnya.

Sementara itu, bila dalam angka Kabupaten Paigi Moutong tertinggi kemiskinannya, namun secara presentase saat ink mengalami penurunan hingga 14,63 persen dari jumlah penduduk. Angka tersebut mengalahkan Kabupaten Donggala, Tojo Una-una dan Poso.

"Jadi kita (Red-Parigi Moutong) sekarang, buka yang tertinggi angka kemiskinan dari segi presentase, dan masuk kategori sedang,” tandasnya.

Tags

Newsletter Signup

Jangan Lupa Subscribe Yah Agar Mendapatkan Update Informasi Dari Kami.

Posting Komentar