News Info Terkini
Live
wb_sunny

Breaking News

BMKG : Ada 30 Sesar Aktif di Sulawesi Tengah

BMKG : Ada 30 Sesar Aktif di Sulawesi Tengah


BMKG : Ada 30 Sesar Aktif di Sulawesi Tengah


PALU,TVRISulteng - Kota Palu menjadi salah satu wilayah rawan terjadinya bencana gempa bumi. Data dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Stasiun Geofisika Kelas I Palu ada sekitar 30 sesar aktif.


Gempa magnitudo 5,5 berpusat di antara Kabupaten Poso dan Kabupaten Sigi, Provinsi Sulawesi Tengah, Pada senin 27 Februari 2023. Bmkg Stasiun Geofisika Kelas I Palu menganalisa gempa terjadi dampak aktivitas sesar Besoa. 


"Sesar Besoa sendiri adalah sesar lokal yang ada di wilayah Sulawesi Tengah jalurnya di dua Kabupaten itu," kata Sujabar Kepala Bmkg Stasiun Geofisika Kelas I Palu.


Sujabar juga menyebut Selain sesar Besoa, ada juga sesar Palu Koro dan beberapa sesar lainnya. Menurutnya jumlah sesar lokal di wilayah ini diperkirakan mencapai 30 sesar.


" 30 sesar aktif ini merupakan sesar yang ternama,dan tidak menutup kemungkinan masih ada sesar lokal lainnya yang belum terdeteksi di wilayah ini, " tambahnya.


Pasca bencana di tahun 2018 silam. Kota Palu dan semua daerah di Sulawesi Tengah telah melakukan upaya mitigasi, baik itu infrastruktur atau pun pengetahuan tentang kebencanaan.


Penulis: Rian Saputra

Tags

Newsletter Signup

Jangan Lupa Subscribe Yah Agar Mendapatkan Update Informasi Dari Kami.

Posting Komentar