News Info Terkini
Live
wb_sunny

Breaking News

Dana Desa Dapat Dimanfaatkan Percepatan Penurunan Stunting

Dana Desa Dapat Dimanfaatkan Percepatan Penurunan Stunting

#
#

Dana Desa Dapat Dimanfaatkan Percepatan Penurunan Stunting

Penulis: Amirullah

PARIMO,TVRISulteng – Seluruh lintas sektor di Kabupaten Parigi Moutong saat ini sudah harus lebih serius dalam penuntasan prevalensi stunting. Sebab kebijakan ini telah dituangkan ke dalam Surat Keputusan Kepala Daerah, tentang desa prioritas percepatan penurunan stunting tahun ini.

Wakil Bupati Parigi Moutong, Badrun Nggai mengatakan, sebagai bentuk upaya dalam penaggulangan tepat yang ditopang dengan pengaggaran secara optimal, maka seluruh desa dapat menggunakan Dana Desa dalam membantu percepatan penuntasan stunting.

“Pemanfaatan penggunaan Dana Desa untuk percepatan penurunan prevalensi stunting, diantaranya dapat melakukan monitoring dan evaluasi kinerja, serta menetapkan target penurunan prevalensi stunting,” kata Wabup Badrun.

Selain itu lanjut Badrun Nggai, dengan penggunaan Dana Dea untuk penurunan stunting yaitu dapat meningkatkan pendataan target sasaran. Kemudian, intervensi spesifik dan sensitif terhadap sasaran stunting, pembentukan dan penguatan Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R) SMP dan SMA.

“Dengan poin-poin tersebut, hal itu sangat membantu meningkatkan peran desa dalam melaksanakan intervensi,” sebutnya.

Prevalensi kasus stunting Parigi Moutong 27,4 persen dari hasil survei status gizi Indonesia (SSGI) tahun 2022, dibandingkan tahun 2021 prevalensinya berada diangka 31 persen. Pencapaian tahun lalu dinilai telah baik, namun perlu ditingkatkan, sehingga kasus stunting benar – benar tuntas.

Sementara itu, untuk tahun 2024 mendatang prevalensi stunting Parigi Moutong ditargetkan dapat turun di angka 14 persen, sebagaimana target Nasional.


Tags

Newsletter Signup

Jangan Lupa Subscribe Yah Agar Mendapatkan Update Informasi Dari Kami.

Posting Komentar