News Info Terkini
Live
wb_sunny

Breaking News

Daun Jadi Produk Bernilai Jual Tinggi Melalui Ecoprint

Daun Jadi Produk Bernilai Jual Tinggi Melalui Ecoprint

#
#
#
#

Daun Jadi Produk Bernilai Jual Tinggi Melalui Ecoprint

Dengan kreatifitas, barang yang tidak bernilai dan sering dianggap sebagai sampah, kini bisa diubah menjadi sebuah produk bernilai ekonomis tinggi. salah  satunya  yang dilakukan oleh seorang ibu rumah tangga bernama Irma karim berasal dari desa matansala, kec.bungku tengah, kab.morowali, prov.sulawesi tengah yaitu  dengan mengubah daun tanaman semak belukar menjadi produk ramah lingkungan dan bernilai jual tinggi.21/02/2023.


’’Untuk proses pembuatan ecoprint cukup sederhana, pertama kain rayon putih polos direbus yang telah diberikan larutan setelah direbus kemudian media kain tersebut diangkat lalu di peras. selanjutnya kain itu diletakan di permukaan yang datar.’’ Kata Irma karim.

“Usai kain yang telah diletakan di permukaan yang datar tersebut, kemudian proses selanjutnya daun dan bunga yang telah disiapkan satu persatu diletakan di atas permukaan kain itu sesuai dengan pola yang diinginkan, untuk bentuk dan polanya bisa disesuaikan dengan kreatifitas masing masing.’’ dia menambahkannya.

Teknik ecoprint adalah seni pewarnaan alami dengan menggunakan daun, bunga atau bagian  tumbuhan lainnya dengan cara ditempel pada permukaan media kain atau kulit hewan.

Ia menambahkan, Selaku pengrajin bahwa pemanfataan daun dan bunga yang diterapkan  melalui teknik ecoprint saat ini, telah berjalan kurang lebih satu tahun  lamanya. sebelum menerapkan teknik ecoprint ini dirinya bersama ibu rumah tangga lainnya telah  diberikan pelatihan yang dilaksanakan di desa matansala beberapa waktu lalu.


Penulis: Rifaldy
Editor: Hendra

Tags

Newsletter Signup

Jangan Lupa Subscribe Yah Agar Mendapatkan Update Informasi Dari Kami.

Posting Komentar