News Info Terkini
Live
wb_sunny

Breaking News

Fenomena Kemunculan Ubur-ubur di Teluk Palu Akibat Volume Sampah dan Perubahan Iklim

Fenomena Kemunculan Ubur-ubur di Teluk Palu Akibat Volume Sampah dan Perubahan Iklim

 


Fenomena Kemunculan Ubur-ubur di Teluk Palu Akibat Volume Sampah dan Perubahan Iklim

PALU,TVRISulteng - Pihak Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sulawesi Tengah menyebut, fenomena kemunculan ubur-ubur di Teluk Palu sepekan terakhir dipengaruhi banyak faktor. Salah satunya akibat volume sampah di laut.

Tim Dinas Kelautan dan Perikanan langsung melakukan pengecekan terkait fenomena kemunculan ubur-ubur di Teluk Palu yang menyita perhatian warga sejak sepekan terakhir.

"Pengecekan biota laut ini dilakukan di sepanjang tanggul silabeta. Namun saat proses pencarian kami tidak menemukan ubur-ubur berwarna ungu itu, " Kata Usman Abdulrahman, Pengelolah Ekosistem Laut dan Pesisir, Rabu 22 Februari 2023.

Menurutnya fenomena kemunculan ubur-ubur ini dipengaruhi banyak faktor. Diantaranya pembuangan limbah domestik dari daratan yang masuk ke laut.

"Perubahan arus dan pergerakan masa air laut yang rendah, sehingga tingkat kesuburan perairan dan kadar oksigen yang tinggi dapat meningkatkan ketersediaan sumber pakan bagi biota laut itu, " tambahnya.

Berdasarkan analisa tim. Untuk jenis dari biota laut yang baru kali pertama muncul di Teluk Palu itu berasal dari Negara Australia.

Masyarakat juga diminta untuk tidak menyentuh, karena ubur-ubur memiliki cara menyelamatkan diri dengan mengeluarkan racun, sehingga jika disentuh manusia bisa merakasan gatal-gatal.

Penulis: Rian Saputra

Tags

Newsletter Signup

Jangan Lupa Subscribe Yah Agar Mendapatkan Update Informasi Dari Kami.

Posting Komentar