News Info Terkini
Live
wb_sunny

Breaking News

Kemenkes Akan Periksa Tinja di Desa Terjangkit Demam Keong

Kemenkes Akan Periksa Tinja di Desa Terjangkit Demam Keong

#
#
#

Kemenkes Akan Periksa Tinja di Desa Terjangkit Demam Keong

Penulis: Rian Saputra

PALU,TVRISulteng - Kementrian Kesehatan Reupublik Indonesia bersama Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah akan melakukan pemeriksaan setiap tinja diseluruh desa di dua Kabupaten yang terjangkit penyakit schisto atau demam keong. hal ini akibat dampak meningkatnya kasus penyakit demam keong.

"Penderita schistosomiasis sulteng meningkat. Jumlah kasus dari sebelumnya puluhan, saat ini sudah mencapai ratusan kasus ditahun ini khusus untuk wilayah Lembah Napu, Kabupaten Poso yang tersebar di 23 Desa," kata dr. Lusi Levina, Epidemiolog Kesehatan Ahli Madya Kemenkes RI, yang ditemui di kantor Dinas Kesehatan Sulteng, Jumat, 03 Februari 2023.

Dengan melonjaknya kasus itu, pihak Kementrian Kesehatan bersama Dinas Kesehatan setempat akan melakukan pemeriksaan tinja di wilayah yang terdapat penderita penyakit tersebut.

"langkah ini harus dilakukan sebagai cara untuk mendeteksi penyakit schisto yang valid, dan tersebar dimana saja baik di Kabupaten Poso maupun di Sigi," ungkapnya.

Selain pemeriksaan tinja dilakukan juga Pemberian Obat Pencegahan Massal (POPM) tepat di akhir tahun 2023, hingga pembersihan bersama warga di lokasi yang menjadi fokus dari keong tersebut.

Sebelumnya, pihak Dirjen P2PM Kementerian Kesehatan menyerahkan 4.000 tablet obat kepada Pemerintah Provinsi untuk didistribusikan kepada penderita penyakit schisto atau demam keong.

Tags

Newsletter Signup

Jangan Lupa Subscribe Yah Agar Mendapatkan Update Informasi Dari Kami.

Posting Komentar