News Info Terkini
Live
wb_sunny

Breaking News

Mentan RI Ajarkan Petani di Sulteng Pembuatan Biosaka, Kurangi Penggunaan Pupuk Kimia

Mentan RI Ajarkan Petani di Sulteng Pembuatan Biosaka, Kurangi Penggunaan Pupuk Kimia

 

Mentan RI Ajarkan Petani di Sulteng Pembuatan Biosaka, Kurangi Penggunaan Pupuk Kimia

Penulis: Rian Saputra

SIGI,TVRISulteng - Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo mengenalkan elisitor biosaka yang terbuat dari bahan rerumputan. biosaka ini dianggap bisa mengurangi penggunaan pupuk kimia sebesar 50 persen.

Pembuatan biosaka ini diajarkan ke petani di Desa Sidera, Kecamatan Sigi Biromaru, Kabupaten Sigi, disela-sela Mentan melaksnakan panen raya bersama petani, Minggu 20 februari 2023.

"Biosaka mengurangi penggunaan pupuk kimia lebih dari 50 persen. Ini bukan soal diandalkan atau tidak, namun segala upaya kita coba," ujar Syahrul.

Teknik yang mengusung kearifan lokal ini, menurut Mentan, telah diaplikasikan lebih dari 250 kabupaten atau kota. Hasilnya cukup naik, dengan hasil panen sekitar 7 sampai 8 ton per hektar.

"Ya pembuatannya harus diremas-remas,  menggunakan rerumputan yang ada di sawah. Minimal 5 jenis rumput atau tumbuhan yang sehat. "katanya.

Pembuatan biosaka yang dianggap mengurangi penggunaan kimia ini juga diikuti oleh Wakil Gubernur Sulteng, Bupati Sigi dan Kepala Dinas Pertanian Sulteng//

Bupati Sigi, Mohamad Irwan berharap, penggunaan biosaka dapat membuat produksi pertanian semakin meningkat.

"Harapan kami, dengan penggunaan biosaka dapat meningkat hasil produksi sehingga kesejahteraan petani meningkat. Selain itu, dengan teknologi pertanian ramah lingkungan, kita juga telah menjaga ekosistem lingkungan," ujarnya.

Tags

Newsletter Signup

Jangan Lupa Subscribe Yah Agar Mendapatkan Update Informasi Dari Kami.

Posting Komentar