News Info Terkini
Live
wb_sunny

Breaking News

Ternak Sapi Warga Dipasang Barcode

Ternak Sapi Warga Dipasang Barcode

#
#

Ternak Sapi Warga Dipasang Barcode

Penulis: Amirullah

PARIMO, TVRISulteng - Untuk memastikan ternak sapi milik Warga beridentitas serta sebagai penanda telah divaksinasi, Pihak Dinas Peternakan Dan Kesehatan Hewan (DPKH) Kabupaten Parigi Moutong, melakukan pemasang eartake atau barcode terhadap ternak.

Pemasangan barcode pada ternak sapi itu, selain sebagai identitas juga bertujuan agar ternak Warga bisa mendapatkan pelayanan dari Pemerintah melalui Dinas terkait.

“Eartake atau barcode itu dipasang sebagai tanda ternak telah divaksin. Itu juga menandakan tarnak itu berkualitas dan sehat,” kata Kabid Pembibitan, Inseminasi Buatan dan Produksi (Bipro), DPKH Parimo, Wayan Purna, Rabu 01 Februari 2023.

Kabid Bipro Wayan Purna menyebutkan, adapun keuntungan setiap ternak diberi suntikan vaksin dan pemasanga barcode mudah mendapatkan pelayanan, mulai dari kesehatannya, inseminasi buatan dan lain - lainnya.

Bukan hanya itu, ternak sapi yang telah berbarcode juga sudah dipastikan lebih unggul dalam hal pemasaran, atau harga jualnya lebih tinggi. Sebab, dari segi kesehatannya sudah terjamin. bahkan, dengan pemasangan barcode pada ternak sapi, akan lebih mudah dipasarkan keluar daerah.

“Sedangkan ternak sapi tidak divaksin dan terbarcode, maka tidak diizinkan untuk dipasarkan keluar daerah. Karena, dari segi kesehatannya belum terjamin,” sebutnya.

Menurut Wayan Purna, pemberian vaksinasi dan barcode tidak jauh berbeda dengan pencegahan Covid-19 pada Manusia. Hal itu tidak lain untuk menambah daya tahan tubuh pada ternak agar tidak mudah terjangkit Penyakit Mulut dan Kukuk (PMK).


“Kalau terdapat Perternak yang sapinya tidak mau diberi vaksinasi dan barcode, maka konsekuensinya tidak mendapatkan pelayanan Kesehatan. Karena itu, kami mengajak Masyarakat yang punya Sapi secara Bersama memutus mata rantai penularan PMK,” tutupnya.

Tags

Newsletter Signup

Jangan Lupa Subscribe Yah Agar Mendapatkan Update Informasi Dari Kami.

Posting Komentar