News Info Terkini
Live
wb_sunny

Breaking News

Kemenag Sulteng Tetapkan Jadwal Imsakiyah 1444 H

Kemenag Sulteng Tetapkan Jadwal Imsakiyah 1444 H

#
#
#
#

KEMENAG SULTENG TETAPKAN JADWAL IMSAKIYAH 1444 H


Palu, Tvri News - Memasuki Bulan Suci Ramadan 1444 Hijriah atau 2023 Masehi, Kementrian Agama Provinsi Sulawesi Tengah, bersama Pengadilan Tinggi Agama Kota Palu, MUI Kota Palu, Kementrian Agam Kota Palu, Bmkg Kota Palu serta Lembaga Falakiyah Madinathul Ilmi Dolo dan Instansi terkait lainya, melakukan rapat koordinasi penetapan jadwal Imsakiyah 1444 Hijriah.


Dalam rapat koordinasi tersebut, pihak Kementrian Agama Provinsi Sulawesi Tengah, menetapkan jadwal Imsakiya 1444 Hijriah, sebagai pedoman masyarakat sulteng dalam beribadah di Bulan Ramadan mendatang.    


" Penetapan ini berdasarkan hasil keputusan bersama antar lemabaga, hanya saja kami belum menetapkan miladiahnya atau tanggal awal ramadan " Ujar H. Junaidi, Kabid Bimas Islam Kemenag Sulteng, ( 10/3/2023 ). 


Sementara itu, pihak Kemenag Sulteng bersama Instansi terkait, juga akan melakukan pemantauan Hilal di Desa Marana, Kecamatan Sindue, Kabupaten Donggala, Pada 22 Maret mendatang, untuk melihat posisi ketinggian Hilal telah mencapai berapa derajat. 


Karena berdasarkan data dari Bmkg maupun lembaga Falakiyah Madinathul Ilmi Dolo, ketinggian Hilal saat ini telah mencapai 6 sampai 7 derajat. 


" dengan ketinggian hilal yang mencapai 6 hingga 7 deraja ini, kemungkinannya akan terlihat, sehingga kami tetapkan pelaksanaan rukhiatul hilal dilakukan 22 maret nanti " Tambahnya


Untuk penentuan awal Ramadan nanti, selain dari hasil Rukhiathul Hilal, pihak Kementrian Agama Sulteng juga, akan menunggu hasil Sidang Isbat dari Mentri Agama Republik Indonesia.

Penulis: Gabdika
Editor: Hendra

Tags

Newsletter Signup

Jangan Lupa Subscribe Yah Agar Mendapatkan Update Informasi Dari Kami.

Posting Komentar