News Info Terkini
Live
wb_sunny

Breaking News

Siswa Diajak Untuk Peduli Laut Melalui Aksi Bersih Pantai

Siswa Diajak Untuk Peduli Laut Melalui Aksi Bersih Pantai

#
#
#

Siswa Diajak Untuk Peduli Laut Melalui Aksi Bersih Pantai


BANGGAI - Guna menjaga kelangsungan ekosistem laut, sejumlah pelajar dari beberapa sekolah di Kota Luwuk, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah diajak untuk melakukan bersih pantai, pada Selasa (21/03/2023).

 

Gerakan bersih pantai itu merupakan salah satu bentuk dari bulan cinta laut. Hal ini disampaikan oleh Kepala Bidang Pengelolaan Ruang Laut Dinas Kelautan Perikanan Provinsi Sulteng Nurmasita. Ia mengatakan, keterlibatan pelajar dalam aksi tersebut guna menumbuhkan kesadaran dan cinta akan laut. 


“Jadi ada beberapa sekolah menengah atas, perguruan tinggi dan sejumlah stakeholder yang kami libatkan dalam aksi ini. Aksi bersih pantai tersebut dilakukan sebagai salah satu bentuk kepedulian akan kelestarian ekosistem laut,” jelasnya.


Menurut Nurmasita, kegiatan seperti ini perlu dilakukan selain untuk kebersihan pinggiran pantai, juga untuk menjaga ekosistem biota laut serta. Karena seperti yang diketahui di wilayah Kabupaten Banggai memiliki beragam jenis biota laut, salah satunya seperti Banggai Cardinal Fish. Ikan ini, lanjut Nurmasita, juga menjadi salah satu ikon di tiga kabupaten banggai bersaudara.


“Selain Banggai Cardinal Fish, ada juga penyu hijau dan beberapa jenis spesies hawan laut yang patut dilindungi akan kelestariannya. Maka dari itu kebersihan akan laut itu sangat penting,” tegas Nurmasita.


Sementara itu, Fatiyah Suryani Mile dari Yayasan Pemerhati Lingkungan menambahkan bahwa kegiatan seperti ini sudah beberapa kali dilakukan oleh Dinas Perikanan Kelautan Provinsi Sulteng bersama UPT Kawasan Konserfasi dan Yayasan Pemerhati Lingkungan (YPL).


“Semua ini dilakukan dengan harapan, apabila pesisir pantainya bersih laut juga akan ikut bersih,” terangnya.


Untuk tetap menjaga kebersihan laut dan lingkungan, Fatiyah juga mengimbau masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan. Terlebih khusus masyarakat yang bermukim dekat dengan pesisir pantai.


“Karena laut bukanlah tempat sampah,” pungkasnya.


Penulis: Nendra

Editor: Hendra

Tags

Newsletter Signup

Jangan Lupa Subscribe Yah Agar Mendapatkan Update Informasi Dari Kami.

Posting Komentar