News Info Terkini
Live
wb_sunny

Breaking News

HILAL TIDAK TERLIHAT DISULTENG, 1 SYAWAL 1444 H BELUM BISA DITETAPKAN

HILAL TIDAK TERLIHAT DISULTENG, 1 SYAWAL 1444 H BELUM BISA DITETAPKAN

#
#

HILAL TIDAK TERLIHAT DISULTENG, 1 SYAWAL 1444 H BELUM BISA DITETAPKAN


Palu, Tvri News - Kementrian Agama Wilayah Provinsi Sulawesi Tengah, bersama Pengadilan Agama Kabupaten Donggala dan Parigi Moutong, Bmkg Palu, Lembaga Falakiyah Madinatul Ilmi Dolo serta beberapa instansi lainnya, melakukan Rukyatul Hilal, di Desa Marana, Kecamatan Sindue, Kabupaten Donggala. 


Dari hasil pemantauan tersebut, posisi Hilal berada di ketinggian 1,3 derajat dan kondisi awan yang menutupi hilal, sehingga hilal tidak dapat terlihat. 


" berdasarkan hasil hisab pada akhir ramadan ini, ijtima berakhir pada pukul 12 lewat 12 siang hari ini, adapun ketinggian hilal hanya berada di 1 derajat 37 menit " Ujar Ketua Lajnah Falakiyah Al-Khaeraat Madinatul Ilmi Dolo, Muhammad Syarif Hidayatullah, Kamis (20/04/2023). 


Sementara itu Kepala Kantor Kementrian Agama Wilayah Provinsi Sulawesi Tengah, Ulyas Taha, Mengatakan, Jika Hasil Rukyatul Hilal pada hari ini, belum memenuhi syarat berdasarkan hasil mabims, sehingga akhir ramadan belum bisa di tentukan.


Selain itu, dirinya menghimbau masyarakat untuk tetap melakukan ibadah puasa dan shalat taraweh seperti biasanya, sembari menunggu hasil sidang isbat dari pemerintah pusat. 


" Nantinya hasil Rukyatul Hilal ini akan dilaporkan kepada Menteri Agama Republik Indonesia, sebagai bahan acuan untuk penetapan 1 Syawal 1444 Hijriah, Pada Sidang Isbat " Tutupnya 



Penulis: Gabdika Candra

Tags

Newsletter Signup

Jangan Lupa Subscribe Yah Agar Mendapatkan Update Informasi Dari Kami.

Posting Komentar