News Info Terkini
Live
wb_sunny

Breaking News

Ribuan Hewan Ternak Babi di Sulteng Positif Flu Babi

Ribuan Hewan Ternak Babi di Sulteng Positif Flu Babi

#
#
#

Ribuan Hewan Ternak Babi di Sulteng Positif Flu Babi


Ribuan hewan ternak babi dilaporkan mati mendadak di tiga wilayah Sulawesi Tengah, yaitu kabupaten Poso, Kabupaten Morowali Utara dan Kabupaten Parimo, Rabu, 24 Mei 2023.


"Sejak januari hingga mei 2023. Petugas menemukan 2.971 ekor babi  telah positif terserang virus African Swine Fever (ASF) atau lebih dikenal dengan flu babi." Kata dandi alfita, kabid keswan dan kesmavet. Dinas Perkebunan dan Peternakan Sulteng. 


Dandi menambahkan  bahwa Pada sebelumnya kasus ini ditemukan pertama kali di salah satu peternakan hewan ternak babi di wilayah Kabupaten Poso.


"Saat itu kami mendapatkan laporan kalau ada 60 ekor babi mati mendadak, setelah itu kami kirim tim melakukan pengecekan dan mengambil sampel darah babi yang mati maupun hidup, dan hasilnya semua hewan ternak di peternakan itu postif flu babi." Kata dandi alfita.


Dari kasus tersebut, informasi tentang mati mendadak hewan ternak babi terus bertambah ke beberpa wilayah diantaranya Kabupaten Morowali Utara, ada 39 ekor babi dengan status menunggu hasil lab, Kabupaten Parimo 11 ekor babi juga menunggu hasil lab, sedangkan Kabupaten Poso ditemukan 2.971 ekor babi telah positif flu babi. 


Dari data Dinas Perkebunan dan Peternakan Sulawesi Tengah menemukan kasus yang sama di tiga wilayah, Kabupaten Morowali Utara ada 39 ekor babi ternak saat ini menunggu hasil lab, untuk Kabupaten Parigi Moutong, 11 ekor babi yang juga sedang menunggu hasil lab dan untuk Kabupaten Poso ada 2.971 ekor babi telah positif terserang flu babi.


Penulis: Hendra
IT: Rahmat

Tags

Newsletter Signup

Jangan Lupa Subscribe Yah Agar Mendapatkan Update Informasi Dari Kami.

Posting Komentar