News Info Terkini
Live
wb_sunny

Breaking News

Festival Kebudayaan Lembah Behoa Berbasis Penghidupan Hijau Berkelanjutan

Festival Kebudayaan Lembah Behoa Berbasis Penghidupan Hijau Berkelanjutan

#
#

Festival Kebudayaan Lembah Behoa Berbasis Penghidupan Hijau Berkelanjutan


PALU- Merajut Tradisi Melestarikan Hutan untuk Masa Depan yang Adil dan Penghidupan Berkelanjutan merupakan semangat dalam pembangunan Tampo Lore yang mendedikasikan kebudayaan serta adat istiadat dan lingkungan menjadi satu kesatuan utuh dalam kehidupan masyarakat di Tampo Lore Lembah Behoa Kecamatan Lore Tengah Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah. 


“Berdasarkan potensi yang ada, baik kebudayaan maupun adati stiadat dan upaya mengembangkan produk dan mata pencaharian masyarakat agar terus memiliki pengaruh yang besar dalam membumikan entitas masyarakat Tampo Lore.. Festival ini bukan hanya semata sebuah perayaan namun menjadi terobosan bagi community enterprises yang berkelanjutan. Festival ini berusaha menjadi katalisator untuk mendukung pembangunan berkelanjutan,”Ungkapnya Mochammad Subarkah penyelenggara festival, Sabtu(10/6/2023) di Palu.


Subarka juga menjelaskan Festival Tampo Lore merupakan festival berbasis lembah yang mendiami tiga wilayah lembah diantaranya lembah Pekurehua, Lembah Behoa dan Lembah Bada di Kabupaten Poso. Festival pertama


telah dilaksanakan di Lembah Pekurehua tepatnya di Desa Wanga Kecamatan Lore Peore Kabupaten Poso pada tahun 2019 yang dilaksanakan oleh Konsorsium Relawan untuk Orang dan Alam – Yayasan Panorama Alam bersama NTFP Indonesia dan Green Livelihoods Alliance.

 

“Kali ini kembali melaksanakan Festival Tampo Lore ke-2 yang akan dilaksanakan di Lembah Behoa, pelaksana festival melibatkan masyarakat dari wilayah lembah behoa, pemuka agama, adat dan pemerintah dan harapannya dengan festival ini juga memberikan manfaat dalam proses pembangunan baik untuk masyarakat maupun pemerintah untuk mengelola sumberdaya penghidupan secara arif dan berkelanjutan”Ujar Subarkah.


Penulis: Rian Saputra
Editor: Hendra
IT: Rahmat

Tags

Newsletter Signup

Jangan Lupa Subscribe Yah Agar Mendapatkan Update Informasi Dari Kami.

Posting Komentar