News Info Terkini
Live
wb_sunny

Breaking News

Lestarikan tradisi, pelajar dan mahasiswa peragakan tarian daerah di festival tadulako

Lestarikan tradisi, pelajar dan mahasiswa peragakan tarian daerah di festival tadulako

#
#
#

Lestarikan tradisi, pelajar dan mahasiswa  peragakan tarian daerah di festival tadulako


Guna melestarikan tradisi dan kebudayaan di  Sulawesi tengah, puluhan pelajar dan mahasiswa di kota palu menarikan tarian khas daerah yakni tarian torata, dalam pergelaran festival tadulako. Para pelajar yang tediri dari jenjang TK hingga sekolah menengah ini tamapk antusias memperagakan tarian tersebut.


Tarian torata merupakan tarian  khusus yang dipersembahkan untuk penyambutan ataupun  penjemputan yang agung  dalam perhelatan atau prosesi upacara dalam bentuk hiburan.


Dalam membawakan tarian ini para penari akan menggunakan lilin dan juga beras sebagai pelengkap tarian. dimana lilin merupakan simbol cahaya yang menyinari kehidupan dalam sebuah kesuksesan dan kebahagiaan. sedangkan beras merupakan tanda syukur dan sebuah keberkahan.


Tarian torata menjadi tarian daerah khusus yang dibawakan oleh para pelajar dan mahasiswa di kota palu dalam pergelaran festival Tadulako yang memiliki tujuan untuk menginspirasi generasi muda mencintai segala budaya di Sulteng.


"kegiatan ini merupakan rancangan awal untuk mengangkat kebudayaan Sulteng agar semakin mendunia" kata Andi imrah Dewi, Dosen penanggung jawab festival Tadulako


Festival Tadulako sendiri merupakan ajang pelestarian tradisi dan kebudayaan bangsa  yang dikemas dalam bentuk peragaan tarian daerah  sebagai ranah edukasi pembelajaran seni melalui perspektif global bagi para peserta didik.


Kegiatan ini digelar oleh mahasiswa universitas tadulako yang tergabung dalam Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar.


Penulis: Rizki Budiman
Editor: Hendra
IT: Rahmat

Tags

Newsletter Signup

Jangan Lupa Subscribe Yah Agar Mendapatkan Update Informasi Dari Kami.

Posting Komentar