News Info Terkini
Live
wb_sunny

Breaking News

Ribuan Bibit Mangrove Ditanam di Area Banjir Rob Tompe Donggala

Ribuan Bibit Mangrove Ditanam di Area Banjir Rob Tompe Donggala

#
#

Ribuan Bibit Mangrove Ditanam di Area Banjir Rob Tompe Donggala


Donggala - Ribuan bibit pohon mangrove ditanam di sepanjang bibir pantai di Desa Tompe, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah, Minggu (30/07/2023). Penanaman diinisiasi untuk meminimalisir air Rob yang kerap terjadi di desa tersebut. 


Aksi itu digelar oleh Komunitas Sahabat Mangrove Sirenja (SMS) bersama dengan ratusan warga di daerah setempat. Mereka turut menggandeng komunitas lainnya di sekitaran kecamatan Sirenja serta komunitas 'Tameme' beranggotakan jurnalis yang konsen terhadap isu-isu lingkungan. Bibit mangrove ini disediakan oleh Penabulu Foundation . 


"Ada sekitar 15 ribu bibit mangrove yang akan tanam. Dan kali ini baru kurang lebih 10 ribu yang kami tanam bersama teman-teman di sepanjang pesisir pantai Tompe yang sudah lima tahun dilanda banjir rob," kata Sahir, perwakilan SMS.


Penanaman mangrove diinisiasi langsung oleh pemuda di Tompe. Mereka makin paham bahwa mangrove sangat bermanfaat bagi warga terlebih yang selama ini tinggal di pesisir pantai. 


Sejak bencana gempa 2018 lalu, puluhan warga Tompe harus terpaksa direlokasi. Di tempat itu terjadi penurunan tanah akibat gempa 7,4 Sr yang melanda Palu, Donggala dan sekitarnya. Sebagian warga memilih bertahan meski rumahnya harus terendam banjir Rob musiman. Sisanya memilih relokasi dengan pengadaan huntap pemerintaj tak jauh dari lokasi semula. 


Pemerintah berencana membangun tanggul di area ini untuk mencegah banjir rob musiman yang terjadi di wilayah. Meski demikian, Sahir bilang, pembangunan tanggul ini hanya dilakukan sebagian wilayah pesisir. 


Olehnya, penanaman Mangrove ini dilakukan memanjang menyerupai benteng penghalang sekitar 2 Km. Pihaknya berencana akan melakukan penanaman serupa beberapa desa lainnya. 


"Kami sangat bersyukur dengan adanya tanggul, tapi sesuai komunikasi dengan pemerintah perencanaan pembangunan hanya dilakukan sebagian wilayah. Kami berharap pembangunan tanggul bisa dilakukan di beberapa wilayah yang terdampak banjir ROB tapi tentunya tidak merusak Mangrove yang telah kami tanam," ucapnya.



Editor: Hendra
IT: Rahmat

Tags

Newsletter Signup

Jangan Lupa Subscribe Yah Agar Mendapatkan Update Informasi Dari Kami.

Posting Komentar