News Info Terkini
Live
wb_sunny

Breaking News

Terjadi 33 Kali Gempa Susulan di Daerah Sigi

Terjadi 33 Kali Gempa Susulan di Daerah Sigi

#
#
#
#

Terjadi 33 Kali Gempa Susulan di Daerah Sigi


Tvri Sulteng- Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Kelas I Palu mencatat, terjadi 33 kali gempa susulan hingga Minggu Malam pukul 08.35 WITA pascagempa di wilayah Kabupaten Sigi magnitudo 5,2 pada Minggu Pagi 06 Agustus 2023.


"Gempa susulan yang terjadi dengan magnitudo terbesar 5,3 dan magitudo terkecil adalah 2,5," kata Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Kelas I, Hendrik Leopatty, yang ditemui ruang  Pemantuan aktivitas gempa BMKG.


Gempa awal tercatat bermagnitudo 5,2. Episentrum gempa terdeteksi di darat pada jarak 47 kilometer arah timur laut, Kabupaten Sigi dengan kedalaman hiposenter 16 kilometer.


"Gempa ini bersifat destruktif atau merusak. Kami baru mendapatkan informasi sekitar 10 rumah mengalami kerusakan 3 diantaranya tidak layak huni," sebutnya.


Data monitoring BMKG jika gempa yang terjadi tidak menunjukkan adanya catatan perubahan muka laut pasca gempa. Hal Ini yang menjadi pertimbangan bahwa gempa tersebut tidak memicu tsunami.


"Untuk jenis gempa akibat aktivitas sesar Palolo Graben, menyebabkan adanya patahan turun atau Oblique di daerah Sigi," jelasnya


Penulis: Rian Saputra
IT: Rahmat

Tags

Newsletter Signup

Jangan Lupa Subscribe Yah Agar Mendapatkan Update Informasi Dari Kami.

Posting Komentar