News Info Terkini
Live
wb_sunny

Breaking News

1.325 Kepala Keluarga Kekurangan Air

1.325 Kepala Keluarga Kekurangan Air

#
#

1.325 Kepala Keluarga Kekurangan Air


Dampak dari kemarau  fenomena El Nino sebanyak 1.325 kepala keluarga atau 5.543 jiwa kekurangan air di Kecamatan pgimana,  kabupaten banggai, sulawesi tengah. Kamis,28 September 2023.

"Dari informasi Tim Reaksi Cepat disebut daerah yang terdampak yaitu di desa Jaya Bakti di pagimana Kabupaten banggai sudah kesulitan air bersih sehubungan mengeringnya sumber air mereka," kata Kepala BNPB Sulteng, Akris Fatta Yunus"

Selain itu akris mengtakan pihak BNPB telah mengirim mobil tangki air minum berkapasitas 25.000 liter untuk pasok kebutuhan warga. 

"Untuk saat ini dibutuhkan mobil tangki air dan pipa agar bisa mengalirkan  air ke pemukiman warga terdampak. Sementara untuk hari ini mendistribusikan air bersih sebanyak 5 kali angkut atau 25 Ton (± 25.000 Liter) / Hari dengan 1 Unit Mobil Tangki air," jelas Akris."

Tim Reaksi Cepat BPBD banggai saat ini bersama aparat desa melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk menghemat penggunaan air dengan keperluan secukupnya.

Sesuai rilis dari BMKG Potensi Musim Kemarau yang berkepanjangan dengan peringatan fenomena El-Nino di beberapa wilayah termasuk Sulawesi Tengah dan Hasil monitoring hingga pertengahan  2023, sebanyak 63% dari zona musim telah memasuki musim kemarau salah satunya adalah Kabupaten Banggai. 

Akris mengatakan Kondisi ini mengakibatkan jumlah kebutuhan air bersih yang tidak cukup karena kurangnya debit air sungai dan jaringan air desa yang berjarak 12 KM dari sumber mata air membuat kering  bak penampungan air desa.


Editor: Hendra

IT: Rahmat

Tags

Newsletter Signup

Jangan Lupa Subscribe Yah Agar Mendapatkan Update Informasi Dari Kami.

Posting Komentar