News Info Terkini
Live
wb_sunny

Breaking News

Gubernur: Negeri Seribu Megalit Jadi Ikon Baru Sulteng

Gubernur: Negeri Seribu Megalit Jadi Ikon Baru Sulteng

#
#
#

Gubernur: Negeri Seribu Megalit Jadi Ikon Baru Sulteng


TvriSulteng- Gubernur Sulawesi Tengah Rusdy Mastura menyebut Negeri Seribu Megalit menjadi ikon baru bagi Sulteng. Tentunya hal ini wajib dipromosikan di dalam negeri maupun luar negeri demi meningkatkan kunjungan wisatawan ke wilayahnya.


"Negeri Seribu Megalit, jadi ikon baru Sulawesi Tengah," kata Rusdy dalam sambutannya pada pencanangan Sulteng Negeri Seribu Megalit di Lembah Bada, Desa Kolori, Kecamatan Lore Barat, Kabupaten Poso, Selasa 10 Oktober 2023.


Rusdy menerangkan, berdasarkan data yang ada saat ini terdapat 900 lebih megalit dalam berbagai bentuk dan ukuran yang tersebar di Lembah Napu dan Bada, Kabupaten Poso.


Ukuran batu tertinggi menyerupai manusia setinggi empat meter dengan lebar rata-rata 1,5 sampai 2,5 meter. Sementara Bentuk batu tersebut beragam antara lain berupa patung arca, kalamba, tutu'na dan dakon.


"Hasil penelitian arkeologi disebutkan jika megalit tersebut diperkirakan berasal dari 3.000 tahun sebelum Masehi dan yang termuda dibuat sekitar 1.300 tahun sebelum Masehi," tambahnya.


Gubernur berharap pencanangan tersebut dapat mendorong UNESCO PBB untuk menetapkan warisan budaya dunia megalit di kawasan Lore Lindu, yang meliputi Kabupaten Poso dan Kabupaten Sigi.


"Pencanangan ini juga diharapkan meningkatkan pemajuan kebudayaan demi tercapainya indeks pembangunan kebudayaan di Provinsi Sulawesi Tengah," ungkapnya.

Tags

Newsletter Signup

Jangan Lupa Subscribe Yah Agar Mendapatkan Update Informasi Dari Kami.

Posting Komentar